TeMBI RUMAH BUDAYA: Masa Lalu Selalu Aktual

10:15 AM

“Masa Lalu Selalu Aktual, menjadi Visi Tembi yang menempatkan sejarah sebagai dasar pijakan bagi kehidupan di masa kini dan masa depan.”

Kalimat di atas adalah bio di twitter @tembibudayanews atau Tembi Rumah Budaya (TBR) yang terletak di Jalan Parangtritis Km 8.4, Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Museum Tembi Rumah Budaya menyimpan benda-benda warisan budaya Jawa. Begitu memasuki halaman Tembi Rumah Budaya pengunjung disambut dengan sebuah pendopo yang dilengkapi dengan gamelan dan suasana yang begitu njawani.


“Ada yang bisa saya bantu?” tanya seorang begitu kami turun dari motor.
“Mau lihat-lihat aja Mas.”
“Boleh mbak, silakan tapi nggak boleh di kolam renangnya ya.”

Kami pun langsung berjalan memasuki halaman Tembi Rumah Budaya. Di bangunan pertama terdapat senjata-senjata (berupa keris, tombak dan pedang), topeng, wayang, peralatan membatik, peralatan dapur, dan juga terdapat Senthong. Senthong (bilik atau kamar) merupakan tata ruang dalam rumah adat Jawa. Senthong dibagi menjadi tiga yaitu senthong tengah, senthong kiwo (kiri) dan senthong tengen (kanan).


Kami beranjak menuju bangunan yang ada di sebelahnya. Bangunan tersebut berisi seni rupa berupa lukisan, digital printing dan semacamnya.


Di bangunan lain juga terdapat beberapa benda-benda yang dipamerkan seperti kendaraan kuno (motor, sepeda), poster kuno, foto-foto bangunan di Yogyakarta pada masa lampau, buku/naskah kuno, keris dan lain-lain.


Setelah puas melihat koleksi museum Tembi Rumah Budaya kami menuju halaman belakang Tembi Rumah Budaya. Di sini selain terdapat museum juga terdapat penginapan, ruang pertemuan, restauran, kolam renang dan sebuah tempat pertunjukan yang dilengkapi dengan tempat duduk bertingkat serta gapura berlatar belakang hamparah sawah. 

Gagal levitasi
Kenapa kami tidak boleh bermain di kolam renang? Kami menyimpulkan kalau kolam renang di sana merupakan fasilitas dari penginapan. Penginapan di sana juga tetap bernuansa Jawa yang bangunannya terbuat dari kayu. Kami menghabiskan banyak waktu dengan duduk-duduk dan mengobrol di bangku depan penginapan yang sangat terasa nyaman dan adem.


Tembi Rumah Budaya juga rutin mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan seni budaya. Selain itu biasanya Tembi Rumah Budaya digunakan sebagai tempat pameran kesenian, pameran foto atau musik. Info lebih lanjut bisa disimak di www.tembi.net


Tembi Rumah Budaya (Tembi Culture House)
Jl. Parangtritis Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul Regency.
P.: +62 (274) 368 004, F.: +62 (274) 368 001,
E-mail: tembi@indosat.net.id.
Website: www.tembi.org.
Open Monday – Friday 8:00am – 4:00 pm and Saturday – Sunday 8:00 am – 2:00 pm.
Donation / entrance fee charged. Gamelan performances Friday at 3 pm. Free of charge.

You Might Also Like

0 comments